Saturday 24 October 2015

Bagaimana Cara Membersihkan Karburator motor Yang Baik dan Benar

Karburator adalah salah satu komponen mesin yang sangat vital fungsinya dan memiliki peran yang sangat penting. Fungsi karburator adalah menyalurkan bahan bakar dan udara menuju ruang pembakaran. Apabila kondisi dalam karburator terkontaminasi dengan kotoran atau air, maka kinerja karburator itu akan terganggu, bahkan motor bisa mogok. ,Membersihkan karburator sebenarnya pekerjaan yang gampang-gampang susah, artinya gampang kalau kita mau mencoba dan susah jika kita takut mencoba.

Memang saat ini model pengkabutan bahan bakar sudah di ganti dengan yang lebih modern yaitu injeksi. Akan tetapi tentunya motor yang memakai sistem pengkabutan bahan bakar juga masih banyak. Nah, untuk anda yang kebetulan memiliki sepeda motor yang menggunakan karburator, kali ini saya akan memberitahukan pada anda bagaimana cara membersihkan karburator dengan baik dan benar.


Cara Membersihkan Karburator


Sebelum kita membongkar karburator, tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu tanda-tandanya kalau karburator tersebut kotor. Tanda-tanda yang umum terjadi adalah biasanya saat motor di ajak jalan, pada RPM rendah / sedang laju motor akan tersendat-sendat biasanya karburator tersebut kemasukan air atau juga kotor karena kotoran yang di bawa dari dalam tangki.
Karburator juga yang menentukan boros tidaknya pemakaian bahan bakar, maka dari itu perawatan karburator termasuk kategori penting. Nah, berikut adalah langkah-langkah cara merawat karburator dengan baik dan benar.
Cara Membersihkan Karburator


1) Persiapkan dulu peralatan untuk membuka karburator.

2) Posisikan motor dengan standart tengah, ini bertujuan untuk mempermudah pembongkaran karburator.
Cara Membersihkan Karburator
3) Lepas bagian yang menghalangi letak karburator (sayap motor)

4) Lepas karburator dari dudukannya.

5) Buka mangkuk karburator dan perhatikan apakah ada kotoran
di dalamnya atau tidak. Apabila ada kotoran di dalamnya bersihkan dengan menggunakan kuas dan bensin.

Cara Membersihkan Karburator6) Buka pelampung karburator(perhatikan jarum ventilator di bawah pelampung), pilot jet dan main jet, bersihkan pilot jet dan main jet dengan menggunakan angin bertekanan tinggi (kompresor) atau dengan meniup dengan keras. Pastikan lubang pilot jet dan main jet tidak tersumpal kotoran.

7) Buka pula setelan angin yang ada di samping badan karburator ingat bagian ini akan ada per kecil dan o-ring kecil, jadi harus hati-
Cara Membersihkan Karburatorhati dan jangan sampai keliru dengan setelan stasioner, setelan stasioner letaknya searah dengan skep karburator, sedangkan setelan angin biasanya di belakang atau di depannya.

8) Bersihkan semua lubang yang ada pada karburator dengan bensin kemudian lanjutkan dengan angin bertekanan tinggi (kompresor) atau dengan meniupnya dengan keras.

9) Bila semua sudah bersih, susun kembali pilot jet, main jet dan pelampung beserta jarum ventilator kemudian tutup.

Cara Membersihkan Karburator
10) Pasang kembali karburator pada tempatnya dan pasang kembali jarum setelan angin yang ada
pada bagian samping badan
karburator. Putar dua setengah putaran setelah baut setelan di kencangkan untuk setelan standart.

Cara Membersihkan Karburator
11) Jangan lupa periksa pula filter udara, apa bila sudah kotor harus di bersihkan atau di ganti.

12) Nyalakan mesin dan langsung di tes apabila sudah sesuai yang kita inginkan, pasang kembali
sayap yang sudah di lepas dan selesai.




Perhatian ! ! ! jika anda baru pertama kali mencobanya, anda harus mengingat dan memperhatikan dengan seksama semua posisi komponen pada karburator ketika anda membongkarnya, hal ini akan sangat membantu saat proses perakitan kembali.


Demikian tips dari kami semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih sudah mampir di blogkami.

No comments:

Post a Comment